Pelatihan Teknis Pemrograman Python Tahun 2022

Data dan informasi yang dimiliki BMKG dengan bantuan teknologi saat ini dapat diproses lebih cepat dan lebih mudah. Salah satunya yaitu dengan memiliki keterampilan data sain. Keterampilan ini mencakup pemanfaatan komputasi cloud, analisis big data, pemrosesan natural language, pembelajaran tanpa pengawasan (unsupervised learning) seperti analisis cluster, Web Scraping, teknik fuzzy, machine learning, dan lain sebagainya. Secara umum, keterampilan dasar terpenting untuk data scientist adalah kemampuan untuk membuat kode dalam setidaknya dua bahasa pemrograman yaitu Python dan R

Pelatihan Teknis Jaringan Komunikasi Tahun 2021

Pelatihan Teknis Jaringan Komunikasi dilaksanakan dari tanggal 5-19 November 2021. Pelatihan ini diperuntukan bagi teknisi di Lingkungan BMKG. Diharapkan dari pelatihan ini para peserta mampu melakukan operasional TIK di lingkungan kerjanya sesuai dengan prosedur kerja yang berlaku.

Pelatihan Teknis Online Big Data

peserta mampu mengoperasikan atau mampu mengelola sistem file dalam big data dalam rangka mendukung implementasi big data di BMKG

DIKLAT KOMUNIKASI PUBLIK TAHUN 2014

Diklat Komunikasi Publik ini dilaksanakan dari tanggal 02-06 September 2014. Diikuti oleh 30 orang peserta dari berbagai UPT dan BMKG Pusat bertempat di Wisma Anggraini,Jl. Raya Puncak Cisarua Bogor. 

Diklat Teknis Operator Komunikasi Tahun 2014

Diklat Operator Komunikasi ini dilaksanakan di Hotel Cipayung Asri, Bogor  selama 12 hari (dari tanggal 14 April 2014 sampai dengan 25 April 2014). Diklat ini diikuti oleh 30 peserta. 

Diklat Teknis Database Tahun 2014

Data merupakan aset terpenting BMKG dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Keberadaan, konsistensi dan akurasi data sangat mempengaruhi proses analisa yang nantinya akan menghasilkan informasi MKKuG yang tepat dan akurat. Sistem pengelolaan data yang baik sangat dibutuhkan untuk memastikan bahwa data-data yang dimiliki oleh BMKG terpelihara dan tetap terjamin kualitasnya.

Untuk meningkatkan kemampuan SDM pengelola database diperlukan suatu agenda pelatihan khususnya tentang Pengelolaan Database MKKuG dengan sasaran tersedianya pegawai SDM yang handal, dan terciptanya database BMKG yang terpelihara dan terjamin kualitasnya.